Rabu, 12 September 2012

Penyusun Komputer

Komputer merupakan alat perangkat elektronika yang tersusun  dari beberapa bagian. Di mana setiap bagian terdiri dari satu atau lebih komponenen. Terdapat 3 komponen yaitu komponen input, output dan pemroses.

Komponen Input:

  • Keyboard adalah papan ketik yang berisi huruf-huruf dan karakter yang diperlukan untuk proses pemasukan data/input.

  • Mouse merupakan alat yang di gunakan untuk memasukan data ke dalam komputer selain keyboard, Nama mouse di berikan karena bentuknya yang bulat dan lonjong dengan kabel menjalur seperti ekor tikus. Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua bentuk tombol, masing- masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat di tekan. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi mengunakan sinar optikal yang digunakan untuk mendeteksi gerakan. Selain itu ada pula  yang sudah menggunakan  teknologi tanpa kabel (wireles) baik yang berbasis radio, sinar inframerah maupun bluetooth.

  • Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut dengan tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerah ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya di gunakan sebagai pelengkap untuk memainkan video game yang dilengkap lebih dari satu tombol.

  • Scanner atau di dalam bahasa indonesia disebut juga dengan kata pemindai adalah alat yang digunakan memindai suatu bentuk atau sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu, dan lain-lain. Hasil pemindai itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital dan bisa di bilang masih  banyak lagi alat pemasukan seperti scanner.

Komponen Output:

  • Monitor komponen yang menampilkan proses atau apa yang sedang dikerjakan oleh komputer. Termasuk menampilkan data hasil pengolahan.

  •  Printer untuk menampilkan atau mencetak data dari komputer

 

  • Speaker untuk menyampaikan informasi atau data hasil pengolahan dalam bentuk gelombang suara.

 

 

 

Komponen Pemroses:

  • Prosesor merupakan komponen utama pemrosesan data. Di dalam komponen ini seluruh data diproses berdasarkan program yang dijalankan.

  • Motherboard merupakan komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Semua komponen mulai dari input, prosesor hingga output, berhubungan melalui komponen ini.

  • Hard Disk merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan data dan program yang diperlukan oleh seluruh komponen (komputer). Komponen lainnya yang fungsinya sama dengan hard disk adalah Disk Drive (CD, DVD), Floppy-Drive.

  • Memori (RAM) merupakan tempat penyimpanan data dan program yang sifatnya sementara yang digunakan untuk mempercepat proses dari kerja prosesor.

  • Komponen Perantara antara Prosesor dengan Input dan Output. Komponen ini umumnya berbentuk komponen tambahan berupa kartu atau Slot/Port







Sumber:
http://ciburuan.wordpress.com/2010/03/17/komponen-penyusun-komputer-pribadi-pc/
http://cyber-benyo.blogspot.com/2012/03/komponen-penyusun-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar